Selasa, 17 Januari 2012

Tips dan Trik Sukses Ujian

Ujian Nasional, ujian yang diadakan oleh negara untuk siswa-siswi kelas 3 SMP maupun SMA yang menjadi pro dan kontra. Ada yang setuju dengan sistem ini, ada pula yang tidak. Bahkan, ada banyak orang yang menggunakan ajang ini untuk mencari uang dari orang-orang yang anti-kesulitan. Walaupun banyak bukti bahwa mencontek adalah suatu hal yang tak terpuji, namun tetap saja ada yang melakukannya.

Ujian ini diadakan serentak di seluruh Indonesia. Tahun ini Ujian Nasional diadakan tanggal 16-19 April 2012.

Dalam kriteria kelulusan, tahun ini tidak hanya menggunakan nilai Ujian Nasional saja, namun nilai Ujian Sekolah mempunyai bobot 40% untuk kelulusan. Sehingga, siswa-siswi kelas 3 harus benar-benar memegang teguh kedua ujian tersebut agar bisa lulus Mei nanti.

Maka dari itu, di sini akan diberikan beberapa tips dan trik, agar saat ujian kita dapat lebih teliti dan mendapatkan kemungkinan terbesar untuk sukses dalam ujian.

1. Baca soal dengan teliti dan cermat sebelum menjawab, pahami apa yang ditanyakan.

Jika biasanya kita hanya membaca soal sepintas lalu saja, maka mulai sekarang jangan remehkan soal. Bacalah soal-soal yang ada seteliti mungkin.

2. Perhatikan waktu, lewati yang sulit agar bisa mengerjakan soal-soal yang lebih mudah.

Jangan terbiasa berkutat pada satu soal saja. Ketuntasan per mata pelajaran UN tahun ini adalah 4,0. Maka usahakan waktunya cukup untuk mengerjakan dan menjawab minimal 40% dari seluruh soal.

3. Semua soal harus dijawab, 10 menit terakhir, LJUN harus sudah terisi semua.

Meskipun tak yakin jawaban kita benar atau tidak, sebaiknya kita mengarsir seluruh nomor di lembar jawab ketika 10 menit terakhir. Soal UN adalah pilihan ganda dan tidak ada poin minus, maka kita masih mempunyai peluan 20-25% jawaban benar walaupun "menembak".

4. Kerjakan dengan tenang.

Mempersiapkan seluruh alat tulis semalam sebelum ujian, hadir di tempat ujian minimal 15 menit sebelum ujian dimulai, dan berdoa sebelum ujian, adalah cara-cara terbaik untuk mendapatkan ketenangan saat ujian berlangsung.

Selamat belajar, semoga kita selalu sukses dalam ujian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar